Pekerjaan vs Cita-cita

Lentera Jiwa

By Nugie

Lama sudah kumencari
Apa yang hendak kulakukan
Segala titik kujelajahi
Tiada satu pun kumengerti
Tersesatkah aku di samudra hidup

Kata-kata yang kubaca
Terkadang tak mudah kucerna
Bunga-bunga dan rerumputan
Bilakah kau tahu jawabnya
Inikah jalanku inikah takdirku

Chorus:
Kubiarkan kumengikuti suara dalam hati
Yang slalu membunyikan cinta
Kupercaya dan kuyakini murninya nurani
Menjadi penunjuk jalanku
Lentera jiwaku

Lentera jiwaku
Lentera jiwaku
Kupercaya dan kuyakini murninya nurani
Menjadi penunjuk jalanku

Lentera jiwaku …

Seperti tertulis, bait-bait di atas adalah lirik lagu yang ditulis dan dipopulerkan oleh musisi terkenal, Nugie. Kali pertama saya mengetahui lagu tersebut adalah pada program Kick Andy Show episode delapan tahun Kick Andy pada tanggal 21 Februari 2014 kemarin. Ah, saya memang tidak begitu up to date soal musik. Mendengar lirik pada bait pertamanya, saya tersentuh.

Teringat sebuah quote motivasi,”Do what you love, and love what you do”, saya tertarik untuk menulis tentang ‘pekerjaan’. Sebagian besar orang, bahkan yang sudah mapan dengan pekerjaan dan karirnya, ternyata tidak semuanya menjalani pekerjaan tersebut sebagai sesuatu yang mereka impikan. Host program acara Kick Andy Show, Andy F. Noya, yang sebelumnya adalah pemimpin redaksi Metro TV ternyata lebih memilih berhenti untuk menjadi pimred karena merasa apa yang dikerjakannya pada saat itu bukanlah ‘lentera’ bagi jiwanya. Mengutip kisah beberapa orang pada video klip lagu Lentera Jiwa ini (video klipnya menggugah sekali, lho, lihat di sini, ya!), beberapa orang pada satu titik dalam hidupnya memilih untuk berbelok arah mengambil bidang lain sementara pada saat itu sudah ada bidang lain yang mereka geluti sejak sebelumnya. Mereka berbelok arah menuju sesuatu yang lebih bisa mereka cintai. Satu hal yang perlu kita garis bawahi adalah mengambil keputusan semacam itu tentu bukanlah hal mudah, berbagai pertimbangan dan keraguan tak henti melintas.

Tidak hanya mereka yang berbelok arah, dari video klip lagu itu juga bisa kita temukan orang-orang yang sudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan impian mereka sejak awal, pekerjaan yang mereka cintai. Bahagia dengan apa kita kerjakan tentu menjadi harapan bagi setiap orang. Dan setiap orang berada pada keadaan yang berbeda-beda; pertama, mereka adalah orang-orang yang pada titik ini sudah berada pada bidang diimpikannya; kedua, mereka yang tidak berada pada bidang impiannya; atau ketiga, mereka yang bahkan belum mengetahui bidang mana yang sebetulnya benar-benar mereka inginkan.

Kita bisa memilih, menentukan ada di posisi mana kita sekarang, kemudian mengambil tindakan. Jika sekarang seseorang berada pada posisi ketiga, artinya ia perlu menelisik lebih jauh lagi karena mungkin saja ia sendiri belum paham dengan dirinya sendiri atau belum paham dengan tujuan hidup yang sebenarnya. Jika sekarang kita berada di posisi kedua, maka sebaiknya kita segera mencari kekuatan untuk melakukan lompatan di atas batu yang selama ini kita injak untuk berpijak ke pekerjaan lain yang lebih membuat kita bahagia.

Karena itu, menurut saya, beruntung sekali mereka yang saat ini bekerja di bidang yang dicintainya. Seperti mengutip apa yang dikatakan Andy F. Noya, “Berbahagialah mereka yang menikmati pekerjaannya. Berbahagialah mereka yang sudah mencapai taraf bekerja adalah rekreasi. Sebab, mereka sudah menemukan lentera jiwa mereka”.

Dan sebagai penutup, saya lebih setuju lagi dengan satu hal berikut. Di titik mana pun sekarang kita berada, jika bisa diterapkan sekaligus kenapa tidak: Berusaha melakukan apa yang kita memang cintai, dan berusaha mencintai apa yang kita kerjakan sekarang.

Mengutip dari video klipnya:

“Bagaimana dengan kamu? Sudahkah menemukan LENTERA JIWA-mu? Your time is limited… So, don’t waste it by living someone else’s life!

Tiada kata terlambat untuk mengikuti LENTERA JIWA-mu…

Selamat beraktivitas! ^^

One thought on “Pekerjaan vs Cita-cita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s