Keripik Pisang Waffle yang Renyah Khas Lampung

Way Kambas, sebagian besar penduduk Indonesia tahu bahwa taman nasional berpenghuni hewan besar berbelalai ini berlokasi di sebuah provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, Lampung. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia, provinsi yang lebih dikenal dengan hewan gajahnya ini juga memiliki beberapa keunikan, baik dari segi wisata alam, kain khas, maupun kulinernya. Berkunjung ke provinsi Lampung, Anda tidak akan menemukan daerah sejenis Jalan Malioboro, ikon legendaris Kota Yogyakarta, atau tempat rekreasi keluarga setenar pantai Ancol dan Dunia Fantasi di Jakarta, tetapi Taman Nasional Way Kambas yang menjadi rumah bagi sekitar dua ratus gajah sumatera ini tentu patut dijadikan daftar a-must-visited sebagai tempat rekreasi edukasi keluarga.

Selain itu, provinsi Lampung terkenal sebagai penghasil pisang. Pohon pisang banyak diolah masyarakat menjadi beragam jenis olahan makanan, salah satunya keripik. Oleh karena itu, salah satu hal wajib yang tepat dijadikan buah tangan dari provinsi ini adalah keripik pisang. Eitss, bukan hanya keripik pisang gurih atau manis yang biasa, tetapi Lampung juga terkenal dengan keripik pisang beragam rasa, mulai dari rasa coklat, keju, susu, moka, melon, barbeque, balado, dan lain-lain. Bentuk keripik yang dibuat pun tidak melulu berupa irisan tipis seperti keripik pada umumnya, ada pula keripik pisang yang dibuat dengan cetakan khusus sehingga bentuknya tak lagi berupa irisan tipis, tetapi seperti potongan waffle. Walaupun berbentuk waffle tebal, Anda tidak perlu khawatir karena keripik pisang ini tetap terasa renyah saat dikunyah. Unik sekali, bukan?

Jika Anda berkunjung ke provinsi Lampung, terutama ke ibukota provinsinya, Bandar Lampung, untuk mendapatkan buah tangan berupa keripik pisang, Anda bisa mengunjungi kawasan sentra industri keripik yang berada di Gang PU Rajabasa. Di kawasan ini, di kanan-kiri jalan banyak terdapat toko yang menjual oleh-oleh khas Lampung, terutama keripik pisang beragam rasa. Dengan harga rata-rata sekitar Rp 40.000,- per kilonya, Anda bisa membeli keripik pisang beragam rasa sesuai kebutuhan karena biasanya para penjual menjual mulai dari per empat kilo dan seterusnya. Bahkan, Anda juga bisa mencicipi rasanya sebelum memilih jika disediakan tester-nya.

Selain di kawasan sentra industri Gang PU dan sepanjang jalan Lintas Sumatera dari kota Bandar Lampung menuju pelabuhan Bakauheni, Anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh keripik pisang beragam rasa yang sudah dikemas dalam bentuk kemasan beberapa merk terkenal di sebagian besar supermarket di kota ini.

Keripik pisang sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat maupun camilan di rumah sendiri. Taburan bumbu rasa keju, coklat, dan sebagainya membuat Anda tidak ingin berhenti untuk terus mengunyah setiap kepingnya. Jadi, selain mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, jangan lupa membeli oleh-oleh keripik pisang saat berkunjung ke Lampung, ya!

Tulisan ini dimuat di portal Liputan6.com dalam program menulis bertopik #Oleh-olehKhasKotaku yang diadakan oleh Tim Citizen6.

2 thoughts on “Keripik Pisang Waffle yang Renyah Khas Lampung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s