Matematika feat. PowerPoint

Pembelajaran matematika pada hakekatnya adalah kegiatan guru dalam membelajarkan siswa, ini berarti bahwa proses pembelajaran adalah membuat atau menjadikan siswa dalam kondisi belajar (Suherman, 2008). Namun, membuat kondisi itu terjadi tentunya tidak selalu mudah sehingga kita sebagai guru (atau pun calon guru) perlu menggunakan suatu cara agar kondisi tersebut mudah terjadi. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan pembelajaran sebagai suatu hal yang menarik. Bagaimana caranya?
Karena kehidupan kita sudah berbasis Information and Communication Technology (ICT), maka tidak ada salahnya apabila kita menggunakan ICT (TIK) untuk membuat pembelajaran matematika lebih menarik bagi siswa. Microsoft PowerPoint, salah satu bagian dari Microsoft Office milik Microsoft Corporation yang biasa digunakan dalam presentasi ini sangat membantu untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan sangat menarik bagi siswa. Dengan ditampilkannya materi dalam slide-slide menarik, siswa diharapkan tidak akan cepat bosan memperhatikan pelajaran. Materi atau pun latihan juga dapat dibuat menjadi video interaktif dengan Microsoft PowerPoint ini.
Salah satu contoh materi yang dapat disajikan dengan media PowerPoint adalah geometri, Dimensi Tiga misalnya. Saat menyampaikan materi Irisan Bangun Ruang, terkadang guru merasa cukup kerepotan saat harus memberikan contoh cara mengiris bangun ruang ‘langsung’ di papan tulis dengan menggunakan penggaris dan kapur (atau spidol). Nah, dengan bantuan PowerPoint dan animasi yang disediakannya, guru tidak perlu repot dengan penggaris dan kapur (spidol)-nya saat pembelajaran berlangsung. Apalagi, dengan animasi yang dibuat semenarik mungkin, siswa diharapkan tidak akan bosan dengan pembelajaran geometri yang sedang diajarkan.
Sebagai contoh dan inspirasi, Anda bisa men-download contoh hasil penggunaan PowerPoint untuk menyampaikan materi Irisan Bangun Ruang (SMA kelas X) di link ini. Selamat berinovasi!:)

Sumber:
Suherman, Erman. (2008). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Hands-Out Perkuliahan, tidak diterbitkan.
Noormandiri, B.K. (2004). Matematika SMA untuk Kelas X Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s