Flamboyant Tree

Kalau kamu memasuki kampus saya dari gerbang utama, begitu melewati pos satpam kamu akan disuguhi oleh kemegahan sebuah gedung peninggalan Belanda yang saat ini dijadikan sebagai gedung rektorat, Villa Isola, kemudian setelah memasuki gerbang, kalau mengambil jalan kiri kamu akan disambut oleh sebuah gedung yang seharunya ‘menarik’ mahasiswa, tapi sayangnya tidak semua mahasiswa tertarik untuk ke sana, Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa, atau yang biasa kami sebut PKM. Saya bukan akan bercerita tentang Isola atau pun PKM, tapi tentang sebuah pohon berbunga cantik yang ada di samping gedung ini. Yaps, pohon Flamboyan. Apa menariknya?
Dulu sewaktu masih anak-anak, saya pernah membaca sebuah cerbung dari sebuah majalah yang saya lupa namanya, tentang pohon Flamboyan dan tokoh utamanya yang bernama Regina (judulnya apa, ya? :-P) Karena itu, begitu melihat bunga flamboyan di samping PKM itu bermekaran, saya jadi ingin tahu sedikit lebih banyak tentang flamboyan, yang katanya dikenal sebagai “tanaman terindah di dunia”. Dari beberapa artikel di internet, saya tahu bahwa bunga flamboyan mekar pada bulan Oktober – Desember (hmm panteees, pas banget). Itu untuk di Indonesia. Ternyata, musim mekarnya bunga flamboyan itu berbeda-beda di tiap tempat/negara, contohnya di Indonesia bunganya mekar pada Oktober – Desember, di India bunganya mekar pada April – Juni.
Ternyata pula, di berbagai negara, flamboyan banyak dibudidayakan dan diperdagangkan sebagai tanaman hias (bahkan di Kepulauan Mariana Utara, flamboyan merupakan pohon resmi negara, lho), sedangkan di Indonesia sepertinya hal itu kurang begitu populer. Di Indonesia, pohon flamboyan justru banyak ditemui di pinggir jalan karena ditanam sebagai pohon peneduh, bukan sebagai tanaman hias.
Bunga flamboyan yang baru mekar warnanya merah jingga hingga merah tua, sampai kira-kira di minggu pertamanya. Minggu berikutnya, kecemerlangan itu tak lagi disuguhi sehingga kita hanya bisa menyaksikan warna pastel yang lebih lembut dan merah tua yang sudah redup. Karena itu, bunga flamboyan terlihat paling cemerlang pada minggu pertama kemunculannya. Nah, untuk kita yang di Indonesia, di bulan Oktober ini kita bisa mulai menyaksikan indahnya bunga flamboyan yang bermekaran. ^^

– Dari berbagai sumber, di sini dan di sini – ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s