Ekspresi, Sebongkah Seni Penuh Toleransi (#1)

STANDAR KOMPETENSI KEMANDIRIAN PESERTA DIDIK SLTA
PADA ASPEK KEMATANGAN EMOSI

Dalam rangka pengembangan diri, setiap peserta didik (konseli) diarahkan agar mampu mencapai tugas-tugas perkembangan sebagai standar kompetensi kemandiriannya. Standar Kompetensi Kemandirian (SKK) tersebut meliputi berbagai aspek perkembangan yang perlu dicapai oleh peserta didik pada tiap jenjang pendidikan. Salah satu aspek perkembangan tersebut adalah kematangan emosi.
Untuk mengetahui kompetensi mengenai kematangan emosi tersebut, perlu diketahui terlebih dahulu pengertian dari emosi. Menurut ensiklopedia bebas Wikipedia, emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Kata “emosi” diturunkan dari kata dalam bahasa Perancis, émotion, dari émouvoir, ‘kegembiraan’ dari bahasa Latin emovere, dari e- (varian eks-) ‘luar’ dan movere ‘bergerak’. Emosi adalah sebuah signal dari pikiran bawah sadar atau tubuh kita atas sesuatu yang terjadi di dalam diri kita. Walaupun banyak pendapat yang memberikan rumusan tentang emosi, tetapi masih belum didapati rumusan emosi yang bersifat tunggal dan universal. Namun, tampaknya masih bisa ditemukan persesuaian umum bahwa “keadaan emosional merupakan satu reaksi kompleks yang berkaitan dengan kegiatan dan perubahan-perubahan secara mendalam yang dibarengi dengan perasaan kuat atau disertai dengan keadaan afektif”, menurut J.P. Chaplin (Sudrajat, 2008).
Salah satu cara mengklasifikasikan emosi adalah berdasarkan apakah emosi tersebut positif atau negatif. Emosi-emosi positif, seperti rasa gembira dan rasa syukur, mengekspresikan sebuah evaluasi atau perasaan menguntungkan, sedangkan emosi-emosi negatif, seperti rasa marah atau rasa bersalah, mengekspresikan sebaliknya. Emosi tidak dapat netral karena menjadi netral berarti menjadi nonemosional.
Kematangan emosi adalah kemampuan mengendalikan emosi tertentu secara stabil sesuai dengan perkembangan usianya. Semacam ada kemampuan seseorang yang mumpuni dalam merespon atau bereaksi terhadap fenomena tertentu. Di dalam kematangan emosi ada kemampuan mengelola diri yang intinya berangkat dari kemampuan mengenali diri sendiri. Setelah mampu mengenali diri sendiri maka ia seharusnya mampu memotivasi dirinya dan mengelola emosinya dalam berhubungan dengan orang lain dengan baik. Sebaliknya kalau seseorang tidak mampu mengendalikan emosinya terjadilah penyimpangan atau kekacauan emosional, misalnya perilaku egoistis, egosentris, apriori, prasangka buruk, dan asosial.

Oleh: Fitriana Hastika

Daftar Pustaka

(2005). Kematangan Emosi. [Online]. Tersedia: http://www.pikirdong.com. [8 Mei2010].

(2009). Memahami Orang Lain. [Online]. Tersedia: http://eworld-indonesia.com/new/?p=50. [8 Mei2010].

(2010). Emosi. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Emosi. [8 Mei2010].

(2010). Konflik. [Online]. Tersedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Konflik. [8 Mei2010].

(2010). Serba-serbi PPM. [Online]. Tersedia: http://p2kp.org/pengaduandetil.asp?mid=5&catid=6&. [12 Mei2010].

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Memahami Emosi Individu. [Online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/06/09/memahami-emosi-individu/. [8 Mei 2010].

Rizky. (2009). Masa Remaja. [Online]. Tersedia: http://kuliahpsikologi.dekrizky.com/masa-remaja. [8 Mei2010].

Wuryanarno, Raden Mas Panji. (2008). Menghindari KONFLIK = Memendam PERASAAN?…SALAH. [Online]. Tersedia: http://wuryanano.blogspot.com/2008/04/menghindari-konflik-memendam.html. [8 Mei 2010]

2 thoughts on “Ekspresi, Sebongkah Seni Penuh Toleransi (#1)

  1. tapi, mengapa tidak ada penilaian yg jelas untuk emosi siswa?

    rugi khan siswa yg kecerdasan emosinya genius, ternyata dinilai bodoh karena kecerdasan intelektualnya biasa-biasa saja.

    Mungkinkah ada standar penilaian kecerdasan emosional?
    kalo mungkin, udah ada belum ya?
    kalo belum, bikin yuk? haha

  2. Pngn ngereply comment Asep yg ini nh..
    Tp bngung pnjabaranny, hehe..
    Bnr sih, syg bgt untk ank2 yg dnlai bdoh krna IQ ny biasa, pdhl EQ ny jenius.. Kalwpun ada pnilaian, standarny gmana tuh?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s