Layanan Responsif Terkait Kesulitan Siswa dalam Bergaul (#1)

Pelayanan responsif merupakan pemberian bantuan kepada konseli yang menghadapi kebutuhan dan masalah yang memerlukan pertolongan dengan segera, sebab jika tidak segera dibantu dapat menimbulkan gangguan dalam proses pencapaian tugas-tugas perkembangan. Tujuan pelayanan responsif adalah membantu konseli agar dapat memenuhi kebutuhannya dan memecahkan masalah yang dialaminya atau membantu konseli yang mengalami hambatan, kegagalan dalam mencapai tugas-tugas perkembangannya. Fokus pelayanan responsif bergantung kepada masalah atau kebutuhan konseli. Masalah atau kebutuhan konseli berkaitan dengan keinginan untuk memahami sesuatu hal karena dipandang penting bagi perkembangan dirinya secara positif. Kebutuhan ini seperti kebutuhan untuk memperoleh informasi, misalnya tentang pilihan karir dan program studi, sedangkan masalah yang mungkin dihadapi adalah yang berkaitan dengan berbagai hal yang dirasakan mengganggu kenyamanan hidup atau menghambat perkembangan diri konseli, karena tidak terpenuhi kebutuhannya, atau gagal dalam mencapai tugas-tugas perkembangan. Biasanya masalah-masalah seperti itu tidak mudah untuk diketahui secara langsung, tetapi dapat diketahui melalui gejala-gejala perilaku yang tampak, misalnya kurang bisa bergaul.
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang mempunyai kenyamanan dalam bersosialisasi dengan orang lain dan tidak dapat dipungkiri juga bahwa untuk bersosialisasi atau bergaul dengan orang lain terdapat hambatan-hambatan tertentu yang dapat memberikan dampak pada perilaku yang lambat pada individu. Bagaimanapun, setiap orang akan selalu berhadapan antarsesama individu lainnya sehingga setiap individu seharusnya mempunyai cara bagaimana untuk beradaptasi dengan orang lain atau disebut juga bergaul dengan orang lain. Karena itu, tidak menutup kemungkinan bahwa banyak orang yang menemui kesulitan dalam bergaul, termasuk siswa-siswi di sekolah.
Kemampuan seseorang untuk mengembangkan diri memang mempunyai hubungan yang erat dengan pergaulan. Kemampuan di sini maksudnya adalah usaha seseorang dalam mengembangkan diri, bukan bawaan lahir, sehingga setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk bergaul, meskipun kepribadian setiap orang berbeda. Bergaul tidak tergantung kepada orang seperti apa kita, tetapi mampukah kita mengembangkan diri dan membangun komunikasi dengan orang lain. Jika sudah berbicara mengenai pengembangan diri, terutama untuk siswa-siswi di sekolah, maka tidak terlepas pula dari peran seorang guru BK atau konselor, di mana seorang konselor perlu mengambil peran ketika berhadapan dengan atau menemukan konselinya yang sedang mengalami kesulitan dalam bergaul. Salah satu caranya adalah dengan memberikan sebuah layanan bimbingan dan konseling yang disebut dengan layanan responsif karena masalah konseli tersebut membutuhkan pertolongan dengan segera.

[Bersambung]

Oleh: Fitriana Hastika

Daftar Pustaka:
Dhiyary. (2008). Cara BerGaul YaNg BaIk. [Online]. Tersedia: http://dhiyary.wordpress.com/2008/04/10/cara-bergaul-yang-baik/. [20 Maret 2010].

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Lia. (2009). 6 Langkah Mengatasi Kesulitan dalam Bergaul. [Online]. Tersedia: http://www.minangforum.com/showthread.php?t=1611. [20 Maret 2010].

Mengatasi Kesulitan Bergaul. [Online]. Tersedia: http://majalayaku.wordpress.com/download/mengatasi-kesulitan-bergaul/. [20 Maret 2010].

Perianto, Eko. (2009). Mengatasi Kesulitan Bergaul. [Online]. Tersedia: http://ekoperiantobk.blogspot.com/2009/05/mengatasi-kesulitan-bergaul.html. [20 Maret 2010].

Syahti, Maghriza Novita. (2009). Mari Berkawan. [Online]. Tersedia: http://inioke.com/index.php?mod=konten&id=480. [20 Maret 2010].

Ubaydillah, AN. (2007). Mengatasi Kesulitan Bergaul. [Online]. Tersedia: http://derejpn.wordpress.com/2007/11/20/mengatasi-kesulitan-bergaul/. [20 Maret 2010].

One thought on “Layanan Responsif Terkait Kesulitan Siswa dalam Bergaul (#1)

  1. mohon ditampilkan dunk layanan responsif di
    bidang pendidikan,belajar
    bidang sosial
    bidang pribadi
    bidang karir
    bidang tatatertib sekolah
    bidang prilaku sosial
    bidang narkotika dan perjudian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s