Layanan Dasar Umum terkait Kesiapan Pribadi (Fisik-Psikis, Jasmaniah-Rohaniah) dalam Menghadapi Pekerjaan (#5)

..[Lanjutan]..

Selain itu, dalam bimbingan karir, penting juga untuk disampaikan tentang persipan-persiapan yang baik sebelum melamar pekerjaan, memilih pekerjaan yang tepat dan baik, memasuki lingkungan kerja, ataupun membina hubungan dengan orang-orang di lingkungan kerja. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh konseli agar bisa menyiapkan diri sedini mungkin dalam menghadapi dunia kerja saat ini.
1. Konseli mengenali potensi yang dimilikinya terlebih dahulu. Hal ini menjadi dasar yang sangat penting karena apabila konseli mengetahui kemampuan apa saja yang dimilikinya, konseli akan mendapat kemudahan dalam mengklasifikasi jenis pekerjaan apa yang cocok untuknya.
2. Mengasah kemampuan diri secara terus menerus, bahkan jika diperlukan, konseli bisa mempelajari hal baru yang lainnya untuk memperluas skill-nya. Para perusahaan biasanya akan menuntut keaktifan, keuletan, kreativitas, dan originalitas kemampuan dalam menghadapi tantangan yang akan diberikan kepada konseli (sebagai orang yang akan menghadapi dunia kerja). Untuk meningkatkan kreativitas, banyak yang bisa dilakukan oleh konseli, salah satunya dengan mengamati dan memahami kreativitas yang dimiliki oleh orang lain.
3. Konseli dapat memperluas jaringan informasi dalam masalah pekerjaan. Untuk melakukan hal itu, mereka bisa bergabung dalam beberapa komunitas yang bisa menunjang hal tersebut. Karena itu, sebaiknya mereka memilih komunitas yang terbaik menurut mereka.
4. Mengklasifikasi dan memilih lowongan pekerjaan yang diincar oleh konseli sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, mengamati apa saja yang ditawarkan oleh setiap perusahaan, dan memilih dengan pemikiran yang matang dan hati-hati dalam memutuskan.
5. Konseli perlu menyiapkan semua persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar. Jangan sampai ada yang kurang atau cacat. Apabila ada yang seperti baru, segera perbaharui kepada instansi yang terkait demi kesuksesannya dalam melamar pekerjaan.
6. Konseli perlu menggunakan kemampuan komunikasi yang baik dan santun dalam melamar pekerjaan. Faktor ini akan sangat membantu bila mereka bisa memanfaatkannya dengan baik.
7. Konseli juga perlu berpakaian yang sopan dan santun serta mengusahakan penampilan yang senyaman mungkin untuk dilihat dan sendirinya pun tidak merasa terganggu dengan pakaian itu.
Dengan adanya bimbingan karir pun, setidaknya para siswa (konseli) yang nantinya akan memasuki dunia pekerjaan, mengetahui bagaimana menghadapi tantangan dalam mendapatkan pekerjaan, menghadapai konflik di lingkungan kerja, serta berbagai kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi saat berada di lingkungan kerja. Dengan berbagai hal tersebut, konselor diharapkan dapat memberikan pelayanan yang menyangkut kesiapan pribadi (fisik-psikis, jasmaniah-rohaniah) dalam menghadapi pekerjaan, bagi para konselinya sebagai bentuk dari pelayanan dasar umum dalam program bimbingan dan konseling.

Oleh: Fitriana Hastika

Daftar Pustaka:
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Tajimalela. (2008). Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: . [08 Maret 2010].

Reza, Syailendra. (2009). Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: http://gihasiholan.files.wordpress.com/2009/12/bimbingan-karir-d3-fikom-unpad.ppt. [08 Maret 2010].

Karneli, Yeni. (2009). Bimbingan Karir sebagai Upaya Membantu Kesiapan Siswa dalam Memasuki Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: . [08 Maret 2010].

Mila. (2010). Tips Mempersiapkan Diri dalam Mencari Lowongan Kerja. [Online]. Tersedia: . [09 Maret 2010].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s