Layanan Dasar Umum terkait Kesiapan Pribadi (Fisik-Psikis, Jasmaniah-Rohaniah) dalam Menghadapi Pekerjaan (#3)

[Lanjutan]

Dari penjelasan-penjelasan di atas, secara esensial bimbingan karir merupakan salah satu proses layanan yang bertujuan membantu siswa dalam proses pemahaman diri, pemahaman nilai-nilai, pengenalan lingkungan, hambatan dan cara mengatasinya, serta perencanaan masa depan.
Selain itu, Yeni Karneli mengemukakan bahwa:
Salah satu bentuk layanan yang diberikan sekolah dalam upaya mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja adalah bimbingan karir di samping kegiatan kurikuler. Melalui bimbingan karir siswa akan memperoleh pemahaman yang lebih tepat tentang dirinya, pengenalan terhadap berbagai jenis sumber-sumber kehidupan serta penghargaan yang objektif dan sehat terhadap karir.
Untuk mengantar siswa ke gerbang masa depan (pendidikan dan pekerjaan) yang diharapkan, program bimbingan karir yang dicanangkan di sekolah merupakan wadah yang tepat untuk itu. Melalui kegiatan bimbingan karir, siswa dibekali dan dilatih dengan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan apa, mengapa, dan bagaimana merencanakan masa depan.

Misalnya untuk siswa SMK, artinya di sini, siswa mulai dari kelas satu sampai tamat SMK dilatih dan dibimbing untuk kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan bagaimana merencanakan karir sepanjang hidup (career life span).
Namun, dari semua hal tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa para siswa mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan, seperti pilihan untuk melanjutkan studi, pilihan tentang dunia kerja, pilihan tentang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat, dan semua ini menuntut kemandirian dalam menjatuhkan pilihannya.
Permasalahan karir merupakan permasalahan masa depan siswa. Kegiatan masa sekarang akan mewarnai masa depan seseorang. Agar para siswa dapat menyiapkan masa depannya dengan baik, siswa harus dibekali dengan sejumlah informasi karir yang akan dipilihnya. Informasi yang cukup dan tepat tentang seorang individu, merupakan aset bagi individu yang bersangkutan untuk memahami faktor-faktor yang ada pada dirinya, baik faktor kekuatan maupun faktor kelemahan-kelemahannya. Selain itu, informasi karir tidak hanya merupakan objek faktual, tetapi sebagai kemampuan proses psikologis untuk mentransformasikan informasi itu dikaitkan dengan pilihan dan tujuan hidup masa depan.

..[Bersambung]..

Oleh:Fitriana Hastika (Tugas BK)

Daftar Pustaka:
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Tajimalela. (2008). Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: . [08 Maret 2010].

Reza, Syailendra. (2009). Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: http://gihasiholan.files.wordpress.com/2009/12/bimbingan-karir-d3-fikom-unpad.ppt. [08 Maret 2010].

Karneli, Yeni. (2009). Bimbingan Karir sebagai Upaya Membantu Kesiapan Siswa dalam Memasuki Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: . [08 Maret 2010].

Mila. (2010). Tips Mempersiapkan Diri dalam Mencari Lowongan Kerja. [Online]. Tersedia: . [09 Maret 2010].

One thought on “Layanan Dasar Umum terkait Kesiapan Pribadi (Fisik-Psikis, Jasmaniah-Rohaniah) dalam Menghadapi Pekerjaan (#3)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s