Layanan Dasar Umum terkait Kesiapan Pribadi (Fisik-Psikis, Jasmaniah-Rohaniah) dalam Menghadapi Pekerjaan (#2)

..[Lanjutan]..

Selain hal-hal tersebut, tentunya ada berbagai aspek lain yang perlu diketahui, disiapkan, dan dilaksanakan pula dalam menghadapi pekerjaan, terutama bagi orang-orang yang pertama kali akan masuk dalam dunia pekerjaan, misalnya siswa sekolah menengah. Karena itu, salah satu faktor yang dapat mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja adalah bimbingan karir. Bimbingan karir pada hakikatnya merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir.
Donald D. Super (Yeni Karneli: 2009) mengartikan “bimbingan karir sebagai suatu proses membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranannya dalam dunia kerja”. Menurut batasan ini, ada dua hal penting, yang pertama, yaitu proses membantu individu untuk memahami dan menerima diri sendiri, dan yang kedua memahami dan menyesuaikan diri dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, yang penting dalam bimbingan karir adalah pemahaman dan penyesuaian diri, baik terhadap dirinya maupun terhadap dunia kerja. Maka, dapat pula dikatakan bahwa bimibingan karir merupakan suatu proses bantuan yang diberikan pada individu melalui berbagai cara dan bentuk layanan agar ia mampu merencanakan karirnya dengan mantap sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, pengetahuan dan kepribadian, serta faktor-faktor yang mendukung kemajuan dirinya. Faktor-faktor yang mendukung perkembangan diri tersebut misalnya informasi karir yang diperoleh siswa dan status sosial ekonomi orang tua. Peters dan Shetzer (Yeni Karneli: 2009) mengemukakan bahwa “tujuan bimbingan karir adalah membantu siswa dengan cara yang sistematis dan terlibat dalam perkembangan karir”. Guru pembimbing hendaknya dapat membantu siswa merencanakan karirnya sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minat yang dimilikinya. Moh. Surya (Yeni Karneli: 2009) menyatakan bahwa “tujuan bimbingan karir adalah membantu individu memperoleh kompetensi yang diperlukan agar dapat menentukan perjalanan hidupnya dan mengembangkan karir ke arah yang dipilihnya secara optimal”.
Dari penjelasan-penjelasan di atas, secara esensial bimbingan karir merupakan salah satu proses layanan yang bertujuan membantu siswa dalam proses pemahaman diri, pemahaman nilai-nilai, pengenalan lingkungan, hambatan dan cara mengatasinya, serta perencanaan masa depan.

..[Bersambung]..

Oleh: Fitriana Hastika (Tugas BK)

Daftar Pustaka
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Tajimalela. (2008). Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: . [08 Maret 2010].

Reza, Syailendra. (2009). Persiapan Menghadapi Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: http://gihasiholan.files.wordpress.com/2009/12/bimbingan-karir-d3-fikom-unpad.ppt. [08 Maret 2010].

Karneli, Yeni. (2009). Bimbingan Karir sebagai Upaya Membantu Kesiapan Siswa dalam Memasuki Dunia Kerja. [Online]. Tersedia: . [08 Maret 2010].

Mila. (2010). Tips Mempersiapkan Diri dalam Mencari Lowongan Kerja. [Online]. Tersedia: . [09 Maret 2010].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s