Ketika Aku Mengenangnya

Kalau sekarang aku diminta membuat cerita singkat tentang sebuah inspirasi, aku ingin menjelaskan sesosok diri. Namun, aku tidak ingin menyebutkan siapa namanya, aku tidak ingin menyebutkan kapan, dimana, dan bagaimana aku mengenalnya. Lalu? Bagaimana aku akan bercerita singkat tentangnya? Ya, aku hanya akan menyampaikan hikmah – hikmah dan pelajaran – pelajaran kecil yang bisa aku ambil selama aku mengenalnya. Tidak akan sulit, bukan? Dan aku sedang melaksanakannya. (Hehee..)
Lalu, kalau sekarang aku diminta membuat cerita bersambung tentang sebuah inspirasi, aku masih ingin menjelaskan sesosok diri. Namun, aku tidak akan menyebutkan siapa namanya, kapan, dimana, dan bagaimana aku mengenalnya. Lalu? Akan selalu ada cerita “menarik” ketika aku melihatnya, ketika aku menyimpulkannya, apalagi ketika aku mengetahui sesuatu tentangnya. Apa ia perlu tahu? Tidak. Karena aku hanya sedang belajar, aku sedang mengambil pelajaran dari sesosok manusia itu, walaupun aku juga ingin berbagi. Apa kau juga perlu tahu? Tidak. Itulah mengapa aku tidak gamblang menceritakannya. Ini hanya akan menjadi sebuah cerita yang bisa aku ingat kembali, suatu saat nanti.
Kalau sekarang aku diminta pula untuk membuat novel tentang sebuah inspirasi, aku tetap ingin menjelaskan sesosok diri. Namun, aku tidak akan menyebutkan siapa namanya, kapan, dimana, dan bagaimana aku mengenalnya. Lalu? Aku hanya akan menggambarkan deskripsi yang hanya bisa dibayangkan, tapi tidak bisa diterka. (Really?). Aku hanya akan menyimbolkannya dalam konotasi yang hanya bisa dibaca, tapi tidak cukup dengan satu makna. (Hmm..). Aku hanya akan melakonkannya dalam sebuah wayang, tapi bila dilihat selalu berganti wajahnya.
Sampai kapan?
Hingga suatu saat nanti,
ketika aku mengenangnya,
mataku akan sejernih ketika aku melihatnya,
otakku akan secepat ketika aku mengartikan perkataannya,
hatiku akan sekeras ketika aku menolak cara berpikirnya,
dan tanganku akan selepas ketika aku mengurai cerita tentangnya.

Hanya di sini, 04 Agustus 2010

Leave a Reply

